Sirkus!

Aku ingin menjadi sirkus!
Kau mungkin bertanya aku mau apa? Aku ingin menjadi sirkus!
Menjadi tenda-tenda dan lampion dari kertas.
Aku ingin menjadi arum manis yang merusak gigi; tidak bergizi.
Aku ingin menjadi sirkus!
Aku ingin menari di atas tali, lihai, gemulai, melihat kau terpesona, melihat kau tertawa sejadinya.
Aku ingin riasan yang tebal, hingga kau taktahu siapa aku, hingga aku pun begitu.
Aku ingin menjadi wanita gemuk dengan janggut.
Aku ingin menjadi pria kerdil berhidung seperti pegangan teko.
Aku ingin menjadi pria botak berbadan besar.
Aku ingin jadi Herkules, menjadi seperti Rambo!
Aku ingin menjadi sirkus!
Mencium aroma plastik sampai muntah.
Aku ingin gelak tawa dan decak kagum; melayang-layang bersama balon dan kertas minyak.
Aku ingin mengaum bersama singa dan kera. Aku ingin cambuk dan lingkar api.
Aku ingin itu! Ingin pernak-pernik manik-manik. Aku ingin suara terompet, aku ingin meriam, aku ingin mainan.
Aku ingin menjadi sebagian dari sirkus!
Menjadi badut yang datang pada mimpi buruk anak ketika demam tinggi.
Aku ingin menjadi angsa-angsa yang menggila; menggila sampai  gila!
Aku ingin menjadi  orang-orang yang sendu kala karnaval usai; terpenjara dalam kandang besi yang dingin dan pengap akan kotoran kuda.
Aku ingin menjadi topi yang usang, beludru halus apek yang mampu keluarkan kelinci.
Aku ingin menantang jiwa ku dalam pawai-pawai topeng yang ambigu.
Aku ingin mempertaruhkan wajahku, gesturku, untuk kegilaan yang dramatik.
Aku ingin mengeluarkan maniak dari lidah apiku, membawamu  ke dalam tungku lamunan keanehan.
Aku ingin menjadi  sirkus!
Oh bila kau tanya aku,
Aku ingin menjadi sirkus!

Tinggalkan Balasan

